Saya baru menyadari kalo di blender versi 2.71 sudah ada fasilitas
membuat objek pohon. Sebelumnya juga ada sebuah addon yang bisa kita
gunakan untuk membuat pohon. tapi addon tersebut belum include dengan
blender. Addon yang sekarang kita gunakan bernama SAPLING. Menurut saya
addon ini cukup baik, karena memiliki kemampuan modifikasi yang tidak
terbatas. artinya kita bisa membuat sebanyak mungkin jenis pohon perdu
yang unik/tidak sama. Namun sayangnya parameter hanya muncul saat
pertama kali kita buat objek pohonnya. setelah objek pohon kita beri
tekstur maka parameter akan hilang. sehingga tidak mungkin lagi
melakukan perubahan. Hal ini menurut saya masih merupakan sebuah
kelemahan.
Video tutorial membuat pohon ini saya bagi menjadi 3. pada bagian pertama kita akan belajar cara membuat pohon dan melakukan perubahan parameter. video kedua memberikan tekstur dengan menggunakan enggine render internal. dan di bagian ketiga saya berikan teknik memberikan tekstur dengan menggunakan cycles render. langsung saja nikmati videonya.
silahkan share jika suka
File latihan: file *.Blend cycles, tekstur kulit kayu, tekstur daun
Tutorial teks:
Disini saya menggunakan blender versi 2.71. bagi yang belum punya silahkan download dulu.
Video tutorial membuat pohon ini saya bagi menjadi 3. pada bagian pertama kita akan belajar cara membuat pohon dan melakukan perubahan parameter. video kedua memberikan tekstur dengan menggunakan enggine render internal. dan di bagian ketiga saya berikan teknik memberikan tekstur dengan menggunakan cycles render. langsung saja nikmati videonya.
silahkan share jika suka
File latihan: file *.Blend cycles, tekstur kulit kayu, tekstur daun
Disini saya menggunakan blender versi 2.71. bagi yang belum punya silahkan download dulu.
- klik File > User preferences
- masuk ke tab Addons > lalu ketikkan di kolom search: SAPLING
- Anda akan menemukan Add curve: sapling. Oke sekarang cawing addon sapling tsb
- Lalu klik save user settings di bawah kiri
- Delete objek kotak yang sudah ada di scene
- Buat objek pogon: Shift + A > Curve > add tree
- Sekarang sudah muncul objek kurva berbentuk pohon
- Untuk membuka parameternya klik T
- Sekarang atur parameternya, atau kalo tidak mau susah-susah anda bisa pilih preset yang sudah disiapkan di bawah
- Nah berikut setting yang saya lakukan seperti pada video tutorial
- Setelah semua selesai anda juga bisa menyimpan setting yang sudah anda buat dengan cara: buat nama preset anda di kolom PRESET NAME lalu klik EXPORT PRESET (di menu geometry)
- Oke sekarang kita masuk ke tekstur
- Seleksi objek batang pohon lalu klik tab material
- Buat satu buah tekstur baru, dan beri nama
- Kurangi nilai SPECULAR INTENSITY menjadi 0 (nol) supaya tidak mengkilap, atau atur sesuai kebutuhan
- Lanjut ke tab TEXTURE
- Buat teksur baru dan beri nama. Lalu ganti tipe menjadi IMAGE OR MOVIE
- Klik OPEN pada rollout IMAGE
- Cari file gambar kulit kayu. Download disini
- Klik tab OBJECT DATA yang bergambar kurva, lalu nyalakan: USE UV FOR MAPPING
- Tekstur batang pohon sudah selesai. Sekarang daun
- Seleksi objek daun
- Lalu kembali masuk ke tab MATERIAL > buat material baru dan beri nama
- Kembali kurangi nilai specular intensity untuk membuat daun tidak terlalu mengkilap
- Pada rollout TRANSPARENCY silahkan nyalakan TRANSPARENCY dan isikan nilai 0 (nol) untuk ALPHA
- Klik tab TEXTURE dan buat tekstur baru lalu beri nama
- Ganti tipe menjadi IMAGE OR MOVIE
- Klik OPEN pada rollout image
- Pilih file gambar daun yang sudah saya siapkan (download disini)
- Pada rollout Mapping pilih UV
- Pada tab Influence nyalakan ALPHA dan biarkan nilainya tetap 1 (satu)
- Selesai
- Selanjutnya anda tinggal mengatur posisi kamera, pencahayaan dan siap di render
- Untuk tekstur cycles saya hanya akan print sceen saja ya
- Setting tekstur batang pohon:
- Setting tekstur daun:
- Setting pencahayaan:
- Sumber Link
Advertisement