-->
Powered by Blogger.

Blog Archive

Fans Page

Followers

Cara mudah membuat pohon diBlender

- 12:58 PM
advertise here
advertise here
Saya baru menyadari kalo di blender versi 2.71 sudah ada fasilitas membuat objek pohon. Sebelumnya juga ada sebuah addon yang bisa kita gunakan untuk membuat pohon. tapi addon tersebut belum include dengan blender. Addon yang sekarang kita gunakan bernama SAPLING. Menurut saya addon ini cukup baik, karena memiliki kemampuan modifikasi yang tidak terbatas. artinya kita bisa membuat sebanyak mungkin jenis pohon perdu yang unik/tidak sama. Namun sayangnya parameter hanya muncul saat pertama kali kita buat objek pohonnya. setelah objek pohon kita beri tekstur maka parameter akan hilang. sehingga tidak mungkin lagi melakukan perubahan. Hal ini menurut saya masih merupakan sebuah kelemahan.

Video tutorial membuat pohon ini saya bagi menjadi 3. pada bagian pertama kita akan belajar cara membuat pohon dan melakukan perubahan parameter. video kedua memberikan tekstur dengan menggunakan enggine render internal. dan di bagian ketiga saya berikan teknik memberikan tekstur dengan menggunakan cycles render. langsung saja nikmati videonya.
silahkan share jika suka
File latihan: file *.Blend cycles, tekstur kulit kayu, tekstur daun


 


 

Tutorial teks:
Disini saya menggunakan blender versi  2.71. bagi yang belum punya silahkan download dulu.
  1. klik File > User preferences
  2. masuk ke tab Addons > lalu ketikkan di kolom search: SAPLING
  3. Anda akan menemukan Add curve: sapling. Oke sekarang cawing addon sapling tsb
  4. Lalu klik save user settings di bawah kiri
  5. Delete objek kotak yang sudah ada di scene
  6. Buat objek pogon: Shift + A > Curve > add tree
  7. 8-3-2014 7-40-45 AM
  8. Sekarang sudah muncul objek kurva berbentuk pohon
  9. Untuk membuka parameternya klik T
  10. Sekarang atur parameternya, atau kalo tidak mau susah-susah anda bisa pilih preset yang sudah disiapkan di bawah
  11. Nah berikut setting yang saya lakukan seperti pada video tutorial
  12. 8-3-2014 7-47-34 AM 8-3-2014 7-48-01 AM 8-3-2014 7-48-15 AM 8-3-2014 7-48-32 AM 8-3-2014 7-48-42 AM
  13. Setelah semua selesai anda juga bisa menyimpan setting yang sudah anda buat dengan cara: buat nama preset anda di kolom PRESET NAME lalu klik EXPORT PRESET (di menu geometry)
  14. 8-3-2014 7-49-35 AM
  15. Oke sekarang kita masuk ke tekstur
  16. Seleksi objek batang pohon lalu klik tab material
  17. Buat satu buah tekstur baru, dan beri nama
  18. 8-3-2014 7-51-48 AM8-3-2014 7-52-06 AM
  19. Kurangi nilai SPECULAR INTENSITY menjadi 0 (nol) supaya tidak mengkilap, atau atur sesuai kebutuhan
  20. Lanjut ke tab TEXTURE
  21. Buat teksur baru dan beri nama. Lalu ganti tipe menjadi IMAGE OR MOVIE
  22. 8-3-2014 8-02-03 AM
  23. Klik OPEN pada rollout IMAGE
  24. 8-3-2014 8-02-53 AM
  25. Cari file gambar kulit kayu. Download disini
  26. Klik tab OBJECT DATA yang bergambar kurva, lalu nyalakan: USE UV FOR MAPPING
  27. Tekstur batang pohon sudah selesai. Sekarang daun
  28. Seleksi objek daun
  29. Lalu kembali masuk ke tab MATERIAL > buat material baru dan beri nama
  30. Kembali kurangi nilai specular intensity untuk membuat daun tidak terlalu mengkilap
  31. Pada rollout TRANSPARENCY silahkan nyalakan TRANSPARENCY dan isikan nilai 0 (nol) untuk ALPHA
  32. Klik tab TEXTURE dan buat tekstur baru lalu beri nama
  33. Ganti tipe menjadi IMAGE OR MOVIE
  34. Klik OPEN pada rollout image
  35. 8-3-2014 8-02-53 AM
  36. Pilih file gambar daun yang sudah saya siapkan (download disini)
  37. Pada rollout Mapping pilih UV
  38. 8-3-2014 8-14-07 AM
  39. Pada tab Influence nyalakan ALPHA dan biarkan nilainya tetap 1 (satu)
  40. 8-3-2014 8-14-33 AM
  41. Selesai
  42. Selanjutnya anda tinggal mengatur posisi kamera, pencahayaan dan siap di render
  43. Untuk tekstur cycles saya hanya akan print sceen saja ya
  44. Setting tekstur batang pohon:
  45. cycles batang pohon
  46. Setting tekstur daun:
  47. cycles daun
  48. Setting pencahayaan:
  49. cycles lampu   
  50. Sumber Link
Advertisement advertise here
 

Start typing and press Enter to search