Teknik membuat objek menjadi transparan dengan menggunakan tekstur
ini sangatlah penting untuk di kuasai. Karena ada kalanya kita akan
membuat objek yang terlihat detail namun terkendala oleh spesifikasi
komputer yang minim. Seperti misalnya membuat rambut, pohon dengan daun
yang sangat rimbun, atau rumput, dan lain sebagainya. dengan menggunakan
teknik ini dijamin komputer anda yang memiliki keterbatasan spesifikasi
tetap kuat menampilkan hasil render yang baik bahkan terkadang terlihat
realis.
Pada dasarnya dengan menggunakan tekstur ini kita melakukan trik sederhana untuk membuat objek terlihat detail. seperti pada objek rambut misalnya, disini kita hanya perlu menyiapkan objek plane yang di tata sedemikian rupa sehingga terlihat seperti rambut asli.
Dalam video tutorial ini saya mencontohkan dengan objek pohon yang diberi tekstur yang memiliki alpha/trasnparansi.
Download tutorial versi PDF disini
Tutorial teks
Cara membuat objek transparan dengan menggunakan tekstur
Sumber Link
Pada dasarnya dengan menggunakan tekstur ini kita melakukan trik sederhana untuk membuat objek terlihat detail. seperti pada objek rambut misalnya, disini kita hanya perlu menyiapkan objek plane yang di tata sedemikian rupa sehingga terlihat seperti rambut asli.
Dalam video tutorial ini saya mencontohkan dengan objek pohon yang diberi tekstur yang memiliki alpha/trasnparansi.
Tutorial teks
Cara membuat objek transparan dengan menggunakan tekstur
- Buka software Blender. Disini saya menggunakan versi 2.7. dan saya rasa tidak ada perbedaan untuk versi yang lain.
- Buat sebuah objek plane (shift +A > mesh > plane)
- Aktifkan objek plane
- Buka tab material
- Klik Add new material
- Berikan nama pada material “ rumput” > lalu tekan ENTER
- Masuk ke tab TEXURE
- Klik add new texture
- Berikan nama “rumput” dan tekan Enter
- Ganti TYPE menjadi image or movie
- Pada Rollout IMAGE klik OPEN
- Cari file gambar dengan format PNG/TGA/TIF yang sudah disiapkan layer alpha didalamnya. Sebagai contoh silahkan gunakan gambar yang saya sertakan disini. Silahkan download
- Turun ke rollout INFLUENCE, nyalakan ALPHA dan biarkan nilai tetap 1
- Sekarang pada 3D view buka tab properties (N), lalu nyalakan GLSL pada rollout shading
- Ganti viewport shading menjadi TEXTURE
- Klik tab MATERIAL lagi. Nyalakan TRANSPARENCY
- Isikan nilai alpha menjadi 0 (nol)
- Yes, berhasil
Sumber Link
Advertisement